Jumat, 26 Juni 2015

Cara Menjauhi Narkoba Untuk Kalangan Remaja

 Penyalahgunaaan obat-obatan seperti narkoba (narkotika dan juga zat addiktif) tidak cuma bisa merugikan kesehatan bagi penggunanya tetapi juga bisa mengganggu mental. Remaja atau siapapun pemakai narkoba yang telah kecanduan narkoba tidak bisa berpikir ataupun berbuat apa-apa selain dengan mengkonsumsi  Narkoba atau barang haram ini. Penyalahgunaan penggunaan narkoba seperti misalnya saja ganja, heroin, dan juga sabu-sabu, dan sebagainya pada kalangan remaja banyak yang berawal dari coba-coba. Namun jika mereka sudah mulai kecanduan pasti akan sangat sulit untuk kita mengobati kecanduan ini. Oleh karena itu para remaja sebagai generasi penerus bangsa sekaligus harapan bangsa wajib bisa menjauhkan diri dari yang namanya narkoba. Bagaimana cara agar remaja terhindar dari narkoba? Berikut di bawah ini merupakan beberapa tips untuk menghindari narkoba bagi kalangan remaja.




1. Selektif dalam Pergaulan
Bergaullah dengan teman-teman di sekeliling anda yang memiliki tindakan dan juga perilaku yang mencerminkan nilai-nilai positif. Apabila anda banyak berteman dan bermain dengan teman-teman yang memiliki sikap dan juga perilaku positif maka anda akan terbawa agar berfikir dan juga berperilaku positif juga.
2. Hindari Keluar Malam
Menghindari keluar malam merupakan salah satu cara terpenting yang menajdisalah satu inti agar anda bisa menjauhi narkoba. Remaja yang sudah biasa keluar malam akan sangat gampang tergoda untuk melakukan kegiatan buruk karena para remaja yang keluar malam akan merasa memiliki waktu yang bebas dengan tidak ada orang tua yang mengawasi. Hal ini akan menyebabkan para remaja yang keluar malam tersebut berani mencoba hal-hal ekstrim misalnya saja meminum alkohol, menggunakan narkoba, berjudi,  dan lain sebagainya.

3. Jangan Melawan Nasehat Orangtua
Pada dasarnya semua orangtua menginginkan anaknya menjadi anak yang ber akhlak mulia. Sebaiknya anda dengarkan dan juga patuhilah nasehat orangtua anda. Jika anda terbiasa mebangkang atau melawan nasehat orangtua, maka anda akan cenderung mempunyai rasa percaya diri untuk melakukan apapun hal-hal yang sebenarnya tidak baik. Hal ini yang akan membuat anda semakin mudah terbujuk untuk melakukan kegiatan yang melanggar norma-norma termasuk juga menggunakan narkoba.

4. Miliki Hobby dan Aktivitas Positif
Isilah masa remaja anda dengan penuh antusiasme dan juga dnegan menyalurkan hobby positif misalnya dengan anda memiliki hobi pada olahraga, bemain game, menulis, dan lain-lain. Hal ini memiliki manfaat selain mampu meningkatkan keterampilan anda, juga akan membatasi lingkungan pergaulan nda dengan orang-orang yang memiliki ide dan juga kreasi yang positif. Orang-orang  yang tak punya kesibukan akan lebih mudah untuk diajak melakukan hal-hal yang sebenarnya negatif termasuk juga dengan menggunakan narkoba.

5. Jangan Takut Jika Harus Kehilangan Teman
Remaja sering berani  untuk melakukan kegiatan yang terbilang ekstrim karena diajak oleh temannya. Jangan anda menyalahkan orang lain pada saat anda berbuat salah. Dan yang terpenting anda jangan takut kehilangan teman jika teman anda cenderung mengajak anda untuk melakukan kegiatan yang tak terpuji termasuk juga dalam menyalahgunakan narkoba.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menjauhi Narkoba Untuk Kalangan Remaja

0 komentar:

Posting Komentar